Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

Akhirnya, request dari Zippy buat bikin postingan ini terilis juga. hehehe, maap ya kalo telat, soalnya puasa2 gini jadi malas bikin postingan, karna lebih konsen ke ibadah di bulan ramadhan. (yakiiin lo, Da? Are U suuuureeee??? hahaha :lol:)

disaat orang2 lagi demen maen game, gue lebih demen browsing2, disaat orang2 lebih asyik BBMan, gue lebih seneng ngoprek2 hape gue, hehehe, kayak sekarang. gue mau ngasih tau nih gimana caranya modding hape nokia lo biar bisa cantik kayak gue eh kayak hape gue kamsudnya :mrgreen:, biar gak kalah sama BB, emang cuma BB doank yang bisa. *senyumsinis* jiahahaha :lol:

sebenarnya gue juga baru bisa ngoprek2 hape dalam satu tahun terakhir ini sih, berhubung gue juga baru punya hape smartphone gitu. dulu gue cuma punya hape N70 yang notabene cuma bisa di oprek sedikit karna dengan segala keterbatasan yang dia punya, hanya bisa di poles sedikit lebih cantik dari tampilan awal, cuman berhubung tu hape udah gue jual 2 tahun yang lalu, gue lupa deh gue kasih apa aja tu hape biar secantik yang empunya gitu. :oops:

yaelaaah gue malah banyak bacot yah, hahaha, yah lagian siapa sih yang ga seneng ngomongin hal yang udah jadi hobby banget, sayang aja sih kadang hobby itu bisa jadi gak jalan karna gak ada biaya, kayak gue gitu. orang2 udah pada punya android, lah gue belum. padahal pengen banget, tapi ya apa daya, duit tak punya. hahaha. nasib…nasiib.. :mrgreen:

udah ah langsung ke topiknya aja. Yah mungkin udah banyak ya tutorial-tutorial macam gini, cuman kan gak semua orang bisa n tau. ya kan? iya aja deh, daripada benjol gue timpuk sendal besi. hahaha (dosa, Da, dosa bulan puasaaaa!!) :mrgreen: Dan gue kasih tau juga ya, ini bukan pure tutorial dari gue, gue hanya mengangkat tutorial dari para master-master Symbian yang gue pelajari n gue bahasain dengan bahasa gue sendiri. Jadi istilahnya gak copycat alias copy paste gitu aja, oh no no nooo,,, itu gak ada dalam kamus gue dooonk. :P

Pertama-tama yang harus lo siapin adalah hape nokia lo. Eh iya, ini hanya berlaku di hape-hape Symbian doank ya, kalo hape java gak bisa cuy, OS nya beda. Yang pasti worked banget diterapin di hape S60v3, dan mungkin juga bisa di S60v5, Symbian^3 atau Symbian Anna. cuman gue kurang tau yah, soalnya gue cuma punya S60v3 sih, hehehehe. Terus yang kedua adalah hape lo sudah dalam keadaan HACKED. Ga tau cara ngehack gimana? Gue kasih link aja yah, biar gak terlalu panjang pembahasannya. Lo bisa pelajari cara ngehack hape lo DISINI.

REMEMBER!! hape nya harus sudah HACK, kalo gak, langkah-langkah dibawah ini gak akan jalan. dan step-step yang harus dilakuin adalah:

  1. Masang FONT
    Gak cuma BB donk yang bisa gonta ganti font, nokia juga bisa kaleee. Kita bisa ganti font apa aja yang kita suka. Tapi kita harus pasang applikasinya dulu, baru bisa ngejalanin fontnya. gak tau gimana caranya?

    • pertama, download dan instal Fontrouter LT, terus download dan instal lagi Fontrouterman, keduanya harus di instal di memory card.
    • terus download Font nya DISINI. font apa aja terserah, ntar file nya berbentuk zip n semua isinya harus di ekstrak ke E:\data\font. sebenarnya sih mau diekstrak ke folder bikinan sendiri juga bisa, yang penting di ekstraknya di E (memory card). yaah suka2 kalian lah, silahkan berekspresi sendiri. :D
    • selanjutnya, buka Fontrouterman: pencet OPTION > OPEN FONT > select MCARD > select FONT > melody font by ihint.ttf > OK. done!! :D

      sekarang tinggal atur zoom ratio ama y adjustnya aja. di tiap font, masing2 punya setingan yang berbeda, biasanya di font ihint dikasih tau kok berapa zoom ratio nya n berapa y adjust nya.
      oya, emoji cuma bisa berwarna kalo hape kalian dipasangin applikasinya, cari aja di gugel yak, gue lupa linknya soalnya. :mrgreen: dengan keyword: Japanese Emoji.

      sumber: blog ihint (maap ya mastah, blognya di promosiin di blog ane, hihihi)

  2. Pasang Emoji
    sekarang saatnya emoji yang beraksi. hihihi, jaman canggih banget ya, yang tadinya gak bisa, eh jadi bisa. jadi buat yang punya nokia yang versi nya belum secanggih symbian^3, symbian anna ataupun winmo, jangan berkecil hati, kalo kalian mau belajar buat bisa, pasti bisa. kayak M-150. BISA!!! jiahahaha :lol:
    jiahahaha, hape EGE alias E63 gue bisa sepanjang itu ya? wkwkwk :lol: geli juga liatnya. :mrgreen: btw, pict diatas itu adalah yang gue maksud dengan emoji. sebenarnya sih sebagian ada yang gerak2, cuman gue males aja make gif, soalnya size nya gede, bisa bikin semaput ni blog (red: beraaaaaat!!).
    Btw, gue mau kasih tau dulu soal masang emojinya. Emoji ini sebenarnya sudah satu paket sama FONTnya, karna bentuk font yang di donlot kan dalam ekstensi zip, nah dalam satu paket itu terdiri dari:

    • All logo v 7.5 part 1.txt
    • All logo v 7.5 part 2.txt
    • All symbol v 7.5 by ihint.txt
    • Anna v 7.5 by ihint.ttf
    • Autotext BB part 1 by ihint.txt
    • Autotext BB part 2 by ihint.txt
    • ….
    • Autotext BB part 13 by ihint.txt
    • Emoji Japanese v. 7.5 by ihint.txt
    • Kaomoji v7.5 by ihint.txt
    • BB autotext by ihint.txt
      kalo bisa sih paketan ini disimpan dalam NOTE/CATATAN, karna emojinya lebih keliatan disana.

    Cara ekstrak file zip fontnya:
    buka Xplore/File Manajer, sorot ke font yang di tuju, misalnya Anna v7.5 by ihint.zip, lalu pencet Open, nah keliatan dah tuh isi paketnya kayak diatas. terus klik Option lalu mark all, ntar disuruh enter password, masukan passwordnya (password ini adalah password fontnya, yang didapat di blog ihint yang kalian donlot fontnya). kalo udah masukin passwordnya, klik OK. ntar ke-ekstrak sendiri. (terserah di ekstrak di folder mana, yang penting sudah keluar dari .zip nya).
    Udah? sekarang donlot JapaneseEmoji.rar dan Golden Python dan instal dua2nya di E atau memory card. kalo udah, Open file .rar nya Japanese Emoji tadi, copas file anywhereemoji60.py ke E:\python. terus restart hape. DONE!! :D ntar keliatan dah tuh warna warni emojinya di NOTE, selamat mencoba. :D

    oke, sekarang saatnya penerapan emoji dalam moddingan. fiuuuh bakal panjang dah kayaknya. :-?
    yang paling gampang dulu aja kali yah:

    • Membuat Nama di Layar Home Screen
      Maksudnya gimana sih, Da? nih perhatiin SS dibawah ini:
      itu pict gue waktu sebelum gue operasi plastik (bekas) loooh!! *digampar* :lol:
      oke ini serius, liat logo operator diatas kan? yang berlogo Nainay itu loh. nah, gambar samping kiri kanan nya itu pake emoji. bisa gerak2 loh, cuma karna RAM gue tipis, jadi ya kadang gerak kadang enggak gitu deh, angin2an kata orang mah. tapi gak apa2 deh, yang penting kan berwarna :lol:
      caranya:
      donlot dulu bumbu2nya ya, yang INI dan ITU. udah? sekarang kita mulai yaa:

      • Buka Xplore, terus Copas patch NoProfileName_912_Silent.rmp dan OpTextTrick_Profile_912.rmp yang di donlot tadike C:\patches atau E:\patches (tergantung dimana kalian instal Rompatcher nya).
      • Bikin 1 profile dengan nama kalian. misalnya kalo gue kan diatas itu Nainay, nah kalian bisa make apa aja, pake autotext juga bisa, suka2 lah, berekspresi sendiri aja yaaa. nah terus dalam profile itu, pakein aja emoji, copas salah satu atau dua emoji di antara nama operator logo nya. contohnya nama gue ‘Nainay‘ di kiri kanannya ada emojinya.
      • Terus ganti modus profile jadi offline
      • Lalu buka Rompatcher n sorot ke  NoProfileName_912_Silent.rmp OpTextTrick_Profile_912.rmp tadi, terus pencet Option > Apply/add to auto.
      • Balik ke profile n pilih profile yang kalian bikin tadi, terus pencet Activate. DONE!! udah deh jadi. gampang kan? :mrgreen:

Sumber: Tutorial Jokheenz in the Kaskus, hihihihi

Waduh postingannya udah panjang banget yah, lagian gue capek daritadi mantengin laptop mulu, ini udah tengah malem loh, 2 jam lagi gue musti bangun sahur, ngeri kan kalo gue terusin. masih ada beberapa moddingan lagi yang belum gue kasih, nanti aja yah di episode berikutnya lagi #eeaaa :lol:

[PS]: bikin postingan kayak gini gak gampang loh, gue musti bolak balik laptop hape buat transfer SS alias skrensut atau yang lebih trend nya Prikitiw nya :mrgreen: Tunggu Episode Part 2 nya yaaaaaaaa… :mrgreen: :mrgreen:

[PS]: Buat mastah-mastah symbian yang udah jago ngoprek-ngoprek, ane tau kalian udah pada jago, jadi ajarin yang gak jago biar jadi jago, asal jangan sampe jadi ayam jago yak :lol: jadi komentarnya yang asik2 aja. Okeh, go? (hah??? bego???!!) :lol: :lol: peace :mrgreen:v

Hak Cipta dan Milik Font dan Emoji by IHINT

About these ads