Tags

, , , , , ,

Taukah kalian kalau selama ini gue ngeblog cuma dengan menggunakan hape butut gue? Yang kalo kata gue sendiri, walaupun butut, yang penting yahut.πŸ˜€

Hape pun pengen ikut narsis :D

Hape pun pengen ikut narsisπŸ˜€

Yap, gambar disamping adalah hape Nokia N70 Music Edition yang udah gue sulap jadi kuning yang selama 2 tahun lebih ini menemani hari-hari gue tanpa kenal lelah. *yaiyalah gak lelah, benda mati gitu* Dengannya pula gue bisa berselancar di dunia maya, dari mulai surfing, searching, chatting, sampai blogging.
Gak percaya? Itu terserah lo, karena cuma gue dan Tuhan yang tau.πŸ˜†

Mungkin dalam postingan gue kali ini akan sedikit berbeda dengan postingan gue sebelumnya, karena disini gue akan membahas atau mungkin share lah ama kalian tentang gimana caranya ngeblog dengan menggunakan hape. Yah mungkin agak sedikit membantu kalian juga yang berada jauh dari lingkungan warnet dan gak punya akses internet dirumah. *kasian amat*πŸ˜†

Oya, sebelumnya gue mau ngasih tau dulu nih, buat yang sering berkunjung ke blog gue, jangan pada heran kalo thread gue di blog ini udah banyak yang gue hapus, karena udah gue pindahin semua yang bersifat private di coretan gue dan di me on cyber *cuma orang beriman yang dapat mengaksesnya*πŸ˜†

Oke, back to topic..

Tanpa berpanjang-panjang kata karena nanti takut jadi panjang lidah *halah*, mending langsung aja kali ya. Dan inilah syarat-syarat yang kudu lo penuhi sebelum memulai untuk ngeblog di hape:

  • Punya Berbagai Macam Applikasi
    maksudnya applikasi pihak ketiga seperti X-plore, Opmin, Bolt, Ucweb, dan lain sebagainya.
  • Pilih Operator Seluler
    kayak IM3, Telkomsel, XL, 3, Axist, dan lain-lain yang tentunya menawarkan tarif gprs yang super duper murah.πŸ˜€
  • Hapal Bahasa Pemograman
    terutama bahasa HTML

Lalu caranya gimana, Da?
Sabar dunk om-om dan tanteh-tanteh, nanti juga bakal gue jelasin kok.πŸ˜€

Gini loh, disimak ya…

  • Pertama buka applikasi X-plore, lalu pilih Menu > File > New text file lalu tulis Judulnya kemudian klik OK. Mulailah berkreasi. (maksudnya tulis apapun yang pengen kalian tulis). Ingat, kalau mau memasukkan bahasa pemograman, maka kalian harus bisa atau setidaknya hapal bahasa html, karena ini penting banget untuk sebuah tampilan blog yang menarik kayak gue.πŸ˜€
  • Kedua, kalau sudah selesai mengetik tulisan tersebut diatas tadi, klik Back, dan nanti akan muncul tulisan Save changes?, kemudian tekan Yes. Maka tulisan yang kalian buat tadi akan tersave secara otomatis dengan file berbasis [dot]txt.
  • Ketiga, buka aplikasi Opmin atau Ucweb atau Bolt untuk memulai browsing ke blog. Klik di alamat URL, masukkan alamat domain blog kalian, kemudian klik Go. Masukkan username dan password layaknya kalian browsing lewat kompi. Kalo sudah masuk akun blognya, klik New Post dan tunggu beberapa saat.
    Oya, sedikit tambahan, sebaiknya applikasi Opminnya disetting image off aja, karena pasti akan mempengaruhi tarif gprs. Maksudnya biar hemat gitu.πŸ˜€
    (kalau belum ada yang punya applikasinya, silahkan donlot dan cari aplikasi tersebut di um gugel aja yak, kepanjangan ntar kalo gue share dimari)πŸ˜†
  • Keempat, kembali ke file[dot]txt di X-plore tadi, klik angka 8 untuk mengedit, kemudian tekan tanda ‘pensil’ di tombol hape berbarengan dengan menekan kursor ke bawah, karena ini fungsinya untuk mendrag file layaknya di kompi dan lepaskan. Kalo dilayar sudah kelihatan warna biru (hasil drag tadi), klik lagi tombol pensil, dan kemudian klik copy.
  • Kelima, kembali lagi ke Opmin, dan ke akun blog kalian.
    (ingat, hape symbian bisa bolak balik ke berbagai macam aplikasi yang dibuka)
    File yang sudah dicopy tadi kemudian di Paste dengan menggunakan teknik yang sama seperti saat mengcopy tadi.
  • Keenam, setelah di paste, klik OK. Jangan lupa mengetik Judul, Tag, Katagori, dll.
  • Ketujuh, yang terakhir nih, kalau semua sudah dijalankan, tinggal klik Publish dan taraaa.. blog kalian sudah bisa dinikmati. (kayak kue aje)πŸ˜€

Hehe, panjang ya? Yah begitulah adanya. Sama seperti halnya yang sedang gue kerjakan saat ini. Dengan memposting thread ini, sekalian juga langsung gue kasih tips nya buat kalian. Terutama buat pemula yang belum begitu tau tentang hal ini. Buat yang udah pada tahu, ajarilah yang tidak tahu menahu, biar gak jadi tempe menempe. *apaan coba?*πŸ˜†

Oya, cara ini belum termasuk upload poto di hape dan lain sebagainya, nanti deh gue kasih tau di postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan banyak yang mengikuti jejak gue yang memecahkan rekor selalu menggunakan media hape untuk ngeblog.
Ayo GoBLOG!πŸ˜€