Tags

, , , , , , ,

Yap! Inilah puncak dari acara penutupan pesta adat kutai: Belimbur. Belimbur itu artinya adalah menyiramkan air kepada semua orang yang lalu lalang dijalan. Hal ini menandakan bahwa acara pesta adat “ERAU” telah berakhir.

ayo di siram terus :P

ayo di siram terusπŸ˜›

Mungkin sebagian dari kalian jarang atau mungkin aja gak pernah sama sekali mendengar atau bahkan mengetahui tentang pesta adat ini. Maka dari itu, gue sebagai warga yang sudah lama tinggal di Kutai, perlu juga untuk memberikan informasi pada kalian agar kalian tau, ini loh salah satu perayaan adat yang perlu dilestarikan.πŸ˜€ Karena ini kan merupakan salah satu adat budaya Indonesia yang perlu dibudidayakan secara kontinue. (lu kata lagi nanem palawija?)πŸ˜†

Sejak kepindahan gue ke Tenggarong, Kutai Kartanegara 7 tahun yang lalu, gue sama sekali buta gak pernah tau tentang perayaan pesta adat ini. Yah namanya juga warga baru, masih awam ama pesta adat beginian.πŸ˜† Apalagi buat seorang warga non asli kutai kayak gue, ngerasa aneh aja gitu kalo ngeliat orang-orang pada siram-siramin air ke orang-orang lainnya tanpa kenal ampun.πŸ˜› Apa gak pada marah ya tu orang-orang?

ramai sekali nih

ramai sekali nih

Perayaan adat belimbur ini memang mengharuskan kita untuk menyiramkan air ke semua orang, karena konon katanya acara ini mempunyai arti membersihkan diri dari segala kejahatan, kotoran, dan bahkan niat jelek yang ada pada diri seseorang. Tentu aja perayaan ini paling di tunggu-tunggu masyarakat kutai. Banyak banget dari mereka yang mempersiapkan segala macam peralatan dari mulai ember, gayung, kantong plastik, aqua, bahkan gentong air buat nampung air aja di boyong.πŸ˜€ Sampe-sampe selang pemadam kebakaran juga di colong.πŸ˜† Yang pasti, gak akan ada seorangpun yang lolos dari siraman. Dan hey, gak boleh marah juga loh, itu di larang.πŸ˜€
Dan aneh bin ajaibnya, warga kutai amat sangat antusias sekali menyambut acara tahunan ini.πŸ˜€

Dan gue sendiri, kemaren bersama adik dan sepupu-sepupu gue, berangkat ke jalan utama untuk ikut ngeramein acara yang emang udah rame. Dan kalian tau apa yang gue dapat? Baru nongolin idung di antara jutaan orang (red: banyak) yang ada disana aja, gue langsung dikejar dan disiram. Kalo air sungai biasa mah gak apa-apa, tapi ini air comberan. Iya comberan! Oh my got, aer comberaaan! Keterlaluan!!:mrgreen:

Sungguh malang nasib gue, penyiraman perdana dapatnya malah air comberan, udah gitu bau banget lagi. Untung gak ketelen, bisa-bisa gue muntah saat itu juga. Huekz. Sayang sih gue gak bisa mengabadikan kejadian ini lewat poto, karena gue takut hape gue basah dan kalau itu sampai terjadi, gue gak bakal bisa ngeblog lagi.:mrgreen:

Sialnya, kemaren gue saltum alias salah kostum. Udah tau hari itu adalah hari belimbur, tapi gue malah pake baju warna putih. Bayangin aja, sekali basah, properti gue langsung tersebar kemana-mana (red: keliatan).πŸ˜† Damn!!

Alhasil, gue hanya bisa pasrah disiram tanpa melakukan pembalasan (menyiram mereka balik). Gila aja, gue bisa malu tujuh turunan lima tanjakan kalau ngelihat tubuh seksi nan montok gue diri gue di tonton oleh semua orang. Oh god! *lebai*

kasian amat ni orang :lol:

kasian amat ni orangπŸ˜†

Tapi sumpah, acaranya emang seru banget. Apalagi para anak muda Tenggarong dengan sangat antusias sekali menyetop para pengendara motor yang kebetulan lagi lewat di depan mereka, lalu dengan beramai-ramai menyiramkan air ke pengendara tersebut. Dan ini adalah malapetaka bagi para cewek. Pasalnya, mereka bakal dengan amat sadis mengepung, kemudian menyiramkan air tersebut berbondong-bondong. Bahkan ada juga yang kena sampoin dulu, kemudian di guyur pake air es. Kasian sekali.πŸ˜†

Nah kemaren tuh, ada cewek pake motor mio yang di stop para cowok buat disiram. Awalnya sih gue gak ngeh, tapi pas tu cewek kemudian melaju dengan kecepatan tinggi, gue baru sadar, ternyata dia pake baju leher melorot di bahu, sehingga bahu dan dadanya yang montok jadi keliatan lebih montok lagi. And guess what? Semua orang bersorak-sorai bergembira demi melihat pemandangan syur barusan. HahahaπŸ˜†

But so far, acara belimbur ini amat sangat ngebuat semua orang bergembira ria. Gak anak kecil, anak muda, bahkan anak tua sekalipun menyambut acara ini dengan penuh suka cita.:mrgreen:

So, buat kalian yang kepengen tau pesta adat ini dan ingin melihat secara langsung, jangan lupa datang ke Tenggarong next year. Pasti bakal semakin rame.:mrgreen:

[PS] : Poto-poto di atas bukan dokumentasi gue pribadi, karena seperti yang gue bilang, gue gak bisa mengabadikan momen ini karena gue takut hape gue matot hanya karena bela-belain jadi paparazi diantara jutaan orang yang sedang bersiram-siraman ria.πŸ˜†
poto tersebut diambil dari sini.