Tags

, , , , , , , , ,

Hai, folks. Kemaren kan gue ngasih tutorial tentang cara ngeblog pake hape. Nah sekarang gue akan ngasih tutorial lanjutan tentang cara upload picture blog lewat hape. Simak yah.πŸ˜€

Sebelumnya gue saranin untuk download Bolt Browser dulu disini, karena tidak akan berhasil kalo ngeposting picture dengan hanya menggunakan opmin aja. (menurut survey yang gue teliti, hehe). Walaupun nantinya kita akan menggunakan opmin sebagai media untuk mengupload picture, tapi tetap aja kita membutuhkan bolt untuk memposting picture tersebut ke dalam postingan blog kita. (Ingat, pilih bolt yang sesuai dengan tipe dan versi hape kalian)

  • Pertama
    Buka aplikasi opmin. Seperti biasa, ketik alamat URL blog kalian yang ada dikolom url, dan tekan ENTER (biasanya dengan menekan tombol tengah pada joystick). Tentunya sudah pada tau kan langkah-langkah menuju ke akun blog kita?πŸ˜€ Jadi, gue gak perlu ngulang untuk yang kedua kalinya, hehe.πŸ˜›
  • Kedua
    Setelah berada di dashboard, klik Media Library >> Add New. Nanti akan terlihat kolom seperti gambar dibawah ini.

add new media

Kemudian tekan tombol tengah pada No File [Choose], akan ada peringatan Allow, lalu tekan OK, sampai terlihat seperti gambar dibawah ini.

upload

Pilih memory tempat menyimpan file image (biasanya di E:/ atau di C:/), kemudian pilih picture yang mau di upload, lalu tekan Select >> OK. Setelah itu tekan UPLOAD.

memory image

  • Ketiga
    Setelah picture sukses di upload, buka Bolt Browser yang sudah kalian download dan instal tadi.

halaman depan

(ingat, hape symbian bisa multitasking, jadi bisa bolak balik ke aplikasi yang telah dibuka). Masukkan alamat URL, isi kolom, lalu menuju Dashboard.

  • Keempat
    Klik Add New Post, kemudian arahkan kursor (gambar tangan) ke Add Media seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

add media media library

Klik Media Library, kemudian pilih picture yang paling atas (yang barusan di upload), klik Show, kemudian atur sedemikian rupa, lalu klik Insert Into Post.

  • Kelima
    Akan terlihat blank page, arahkan kursor ke sebelah kanan dan tekan tanda [x] seperti gambar dibawah ini.

blank

Dan picture pun sudah terposting dengan sempurna. HeheπŸ˜›

Kalau sudah dapat URL picture nya, copy url tersebut, kemudian paste di postingan blog yang sudah kalian buat formatnya seperti yang sudah gue jelaskan di cara ngeblog pake hape.

Gimana? Gampang kan? Gak ribet kok kalau kita mau mencoba.πŸ˜€ Kalau udah ngerasa ribet duluan, itu artinya lo malas buat belajar.πŸ˜›

[PS] : oya tutorial ini hanya berlaku pada blog wordpress. Nanti lain kali akan gue kasih juga tutorial untuk blogspot.πŸ˜€

So, selamat mencoba ya..πŸ˜‰