Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

heeeeeeeeeii, what’s up?

kali ini nih, gue mau bahas soal Whatsapp. Apa itu Whatsapp? yang jelas bukan what’s up yang barusan gue ketik diatas loh ya. :mrgreen: kalo itu mah semua orang juga udah tau kali. Whatsapp ini tuh mirip banget ama BBMnya Blackberry, malah bisa jalan di berbagai OS handphone kayak Symbian, Iphone, Android, dan juga Blackberry itu sendiri. Asik kan? :D Nokia E63 gue aja sekarang udah gue instal Whatsapp, lumayan lah, bisa BBMan ama semua tipe handphone.

sebelum Whatsapp ini mulai menjamur kayak sekarang, gue tuh pernah instal di hape EGE gue ini, gue pikir ni aplikasi kayak YM yang kalo di exit gak bakal konek lagi, tapi ternyata gue salah. :mrgreen: jadi setelah gue tau kalo di exit aplikasi ini bakal jalan sendiri alias konek dengan sendirinya lagi, langsung dah tuh gue berantas alias gue remove lagi. padahal waktu aplikasi ini gue buka, list di kontak gue yang udah make whatsapp ini ada 5 kontak. wow, ternyata whatsapp langsung ngedetect sendiri,  siapa aja yang make whatsapp. cuman karna gue mikir bakal boros pulsa dan batre, alhasil gue tetep gak mau make lagi dah tu app. :mrgreen: lagian kontak gue saat itu cuma 5 orang, itupun gak ada yang online. alih-alih mereka juga pasti sekali instal, langsung remove lagi, kayak gue.

Sekarang whatsapp udah mulai booming. di Facebook, di Kaskus, di twitter, dan diberbagai blog udah rame ngebahas tentang aplikasi yang satu ini. :mrgreen: Dan gue pun sekarang udah mulai memakainya lagi. karna gue udah make paket data unlimited selama sebulan dan gak bakal khawatir boros batre, karna hape gue termasuk tipe batre yang badak banget alias batrenya irit.

gue review sedikit yah tentang whatsapp

WHATSAPP itu aplikasi yang berbasis sms, tapi bisa multimedia, kayak kirim poto, video, suara atau audio, dan bisa juga kirim lokasi macam di foursquare. :D yah pokoknya lebih bagus daripada YMan di hape deh. di whatsapp juga bisa set status kayak di BBM. and overall, whatsapp gak jauh beda tuh ama BBM. oya, dan yang paling canggih nih yah, di whatsapp sekarang bisa bikin group chat loh, cuman sayangnya, yang support baru di Iphone, jadi yang pake Symbian, Android, Blackberry cuma bisa di invite tanpa bisa bikin group chat sendiri. lagian, yang boleh masuk dalam 1 group chat hanya terbatas 5 orang aje, selebihnya cuma bisa gigit kaki.

masih penasaran? nih gue kasih SS alias screenshootnya:

nah ini notifikasi kalo ada WA yang masuk, sistemnya kayak sms juga

nah sekarang bakal gue jelasin tentang keempat SS diatas. SS yang pertama, dengan tanda centang 2 itu artinya pesan chat kita udah terkirim ke hape temen chat kita tersebut. SS yang kedua, centangnya ada 1 itu berarti pesan kita baru nyampe ke jaringan, belum nyampe ke hape temen . SS yang ketiga, gambar jam merah itu artinya proses loading di hape kita, biasanya sih bisa jadi karna gprs di hape lagi ngadat . sedangkan yang keempat itu, SS untuk contoh pengiriman gambar. :mrgreen:

kalo SS diatas itu, SS pertama itu list chatnya :D sedangkan SS yang kedua itu list favorite yang sinkron ama kontak HP, jadi bagi siapa aja kontak kalian yang ngegunain aplikasi ini, bisa langsung ke detect sama Whatsapp, karna sistemnya whatsapp menggunakan PIN nomer hape dengan memakai kode negara masing-masing :D

oya, di SS yang pertama itu kan ada list dengan judul Tess dan dengan avatar orang warna warni, itu adalah group chat yang dibikin temen gue yang punya Iphone, jadi ketahuan, mana yang individual, mana yang groupchat.

sampai saat postingan ini gue buat, list kontak WA gue sekarang udah mencapai 65 kontak. dan gue gak nyangka bisa sebanyak itu, malah kadang kalo gue lagi malas, gue abain aja yang pengen chat ama gue di WA, sorry ya, no offense loh. kan cuma kadang-kadang doank kalo lagi gak mood chat. tapi biasanya sering gue balas juga kok.

oya, gue cuma mau kasih tau neh bagi yang belum tau. di WA itu:

  • PIN yang digunain adalah nomer hape kita, dengan menggunakan kode negara di awal nomer pin, contohnya kode negara buat Indonesia dengan awalan +62 856 78 90xxxx.
  • WA selalu terhubung dengan internet, ya samalah kayak BBM juga, jadi kalo gak mau rugi, mending beli paket GPRS unlimited aja deh kayak gue, lumayan bisa irit pulsa.
  • karna online terus, otomatis nyerap energi batre kan? kalo sayang sama batre ori, yaudah beli aja batre kw yang kapasitas ampere nya lebih banyak ketimbang batre ori kita. sekarang udah banyak kok yang jual online, menjamur malah.
  • Bisa gak WA dimatiin? bisa, tergantung jenis hape. kalo yang make Symbian kayak gue, cukup instal Jbaktaskman, buka Jbak nya terus klik  menu > tools > processes > cari icon whatsapp > klik menu > terminate process > OK. maka WA nya udah gak nongol lagi. :mrgreen:
    tambahan: buat yang sering nongol lagi pake jbaktaskman, bisa pake applikasi Kill Me S60v3, tinggal instal terus cari Whatsapp kemudian klik Terminate. DONE. :D
  • WA bisa pake notif apa aja yang kalian suka, gue aja pake BB ringtone. :mrgreen: atau kalo mau bisa pake ringtone tweetdeck n skype atau ringtone Iphone, Soner, n Samsung. ntar kalo udah donlot, bisa di simpan di folder C:\DATA\sounds\digital.
  • sekarang WA di symbian udah ada emotnya. tapi bisa juga pake BBautotext buat yang pake BB, yang pake Symbian juga bisa pake symbol dengan font yang udah terinstegrasi didalamnya.

gimana? tertarikkah buat ngeWhatsapp? klik aja link dibawah ini untuk ngedownload.

ayoo donk para blogger, sekarang saatnya kita tingkatin teknologi di hape kita. biar gak kalah ama BBM. buat yang pake BB, instal WA ya, biar bisa terhubung ama temennya yang gak punya BB. :mrgreen:

UPDATE JANUARI 2013 :

yang terbaru:

  1. Di symbian, WA sudah bisa mute group ;)
  2. Whatsapp bisa buat hape JAVA. Klik aja link DOWNLOAD diatas dan pilih NOKIA S40. ;)
  3. tapi bagi user baru, WA WHATSAPP udah GAK BISA pake pin modif yaa. Soalnya pin modif hanya berlaku pada WA lama yang dibikin pake applikasi di Symbian. :) (udah gue bikin gede tuh, biar gak ada yang nanya2 terus). ;)
  4. WA bisa dipake di PC or Laptop loh. CEKIDOT KESINI AJA YAH –> WHATSAPP ON PC ITS WORK!!

ATTENTION!!!

Gue lagi gak make Whatsapp buat sementara, jadi pin gue yang kemaren di delet aja, nanti gue bakal ganti yang baru :D

SEKIAN!!

[PS] : kalo mau tanya seputar WA, KOMENTAR AJA DI POSTINGAN INI. ;)

[PS] : buat yang mau tau lebih lanjut, gabung aja ama group WHATSAPP INDONESIA FACEBOOK.

[PS lagi] : BAGI SIAPA SAJA YANG INGIN COPAS ISI PENUH ARTIKEL SAYA INI, MOHON DICANTUMIN SUMBERNYA. HARGAILAH KARYA ORANG LAIN. MAKASIH. :)

About these ads